Perawatan Peralatan Instalasi Gas Medis

Tabel Pembahasan

Peralatan sistem instalasi gas medis adalah salah satu peralatan yang sangat penting dalam dunia kesehatan.

Setiap alat medis memiliki masa kerusakan yang berbeda-beda termasuk juga dengan peralantan instalasi gas medis yang memiliki masa kerusakan yang bervariasi tergantung pada jenis alat dan perawatan yang dilakukan pada peralatan instalasi gas medis tersebut.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan gas medis, di antaranya adalah:

  1. Penggunaan yang tidak sesuai dengan petunjuk pabrikan. Peralatan gas medis harus digunakan sesuai dengan petunjuk pabrikan agar tidak terjadi kerusakan.
  2. Kondisi lingkungan yang buruk. Kondisi lingkungan yang tidak sesuai, seperti suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan gas medis.
  3. Kontaminasi dengan partikel-partikel asing. Peralatan gas medis yang terkontaminasi dengan partikel-partikel asing, seperti debu atau kotoran, dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan tersebut.
  4. Keausan komponen. Komponen peralatan gas medis yang sudah aus akan lebih rentan terhadap kerusakan dan harus segera diganti agar peralatan tersebut dapat bekerja dengan optimal.
  5. Ketidakterawatan yang berkelanjutan. Peralatan gas medis yang tidak terawat dengan baik akan lebih rentan terhadap kerusakan dan harus segera diperbaiki agar dapat bekerja dengan optimal.
  6. Kecelakaan. Kecelakaan yang terjadi pada peralatan instalasi gas medis, seperti terjatuh atau terbentur, dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan tersebut.

Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, diharapkan dapat mengurangi risiko kerusakan pada peralatan gas medis dan memastikan bahwa peralatan tersebut dapat bekerja dengan optimal.

Apakah perlu melakukan perawatan instalasi gas medis?

Jenis gas medis yang digunakan dalam peralatan instalasi tersebut, seperti oksigen, nitrous oxide, dan gas lainnya, sangat dibutuhkan untuk menunjang proses penyembuhan pasien.

Tanpa peralatan instalasi gas medis yang baik dan terawat dengan baik, proses penyembuhan pasien dapat terganggu dan bahkan dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Pemeliharaan instalasi gas medis bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada peralatan tersebut sebelum masa kerusakannya tercapai.

Perawatan yang baik dan teratur terhadap peralatan instalasi gas medis sangat penting agar peralatan tersebut dapat berumur lebih lama.

Selain itu, peralatan dapat bekerja dengan optimal dan memenuhi standar keselamatan yang telah ditetapkan.

Pemeliharaan yang baik terhadap peralatan instalasi gas medis juga dapat mengurangi risiko kerusakan pada peralatan tersebut, sehingga dapat menghemat biaya pembelian peralatan baru dan mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam perawatan instalasi gas medis?

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan peralatan instalasi gas medis diantaranya:

  1. Sentral Gas Medis

Sentral gas medis adalah sebuah peralatan yang digunakan untuk menyediakan gas medis tersentralisasi yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan pasien di rumah sakit. Gas medis yang tersedia meliputi oksigen, nitrous oxide, dan gas lainnya yang dibutuhkan oleh pasien.

  1. Box Valve Gas Medis

Box valve gas medis adalah peralatan yang digunakan untuk mengatur dan mengontrol alirangas medis yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan pasien di rumah sakit.

  1. Box Alarm Gas Medis

Peralatan box alarm gas medis adalah peralatan yang digunakan untuk memberikan peringatanbila terjadi perubahan tekanan pada sistem instalasi gas medis di rumah sakit.

  1. Pipa Gas Medis

Pipa gas medis adalah peralatan instalasi gas medis yang berfungsi untuk menyalurkan gas medis ke pasien yang memerlukan.

  1. Bedhead dan Outlet Gas Medis

Instalasi gas medis di bedhead dan outlet adalah peralatan akhir dari sisteminstalasi gas medisyang digunakan untuk menyalurkan gas medis kepada pasien di rumah sakit.

Bagaimana Cara Melakukan Perawatan Instalasi Gas Medis?

Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam perawatan peralatan instalasi gas medis diantaranya:

  1. Memastikan peralatan instalasi gas medis selalu dalam keadaan bersih dan tidak tercemar oleh partikel-partikel asing yang dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan tersebut.
  2. Memastikan bahwa semua komponen peralatan instalasi gas medis selalu dalam keadaan yang baik dan tidak rusak. Jika terdapat komponen yang rusak, segera ganti dengan yang baru agar peralatan instalasi gas medis dapat bekerja dengan optimal.
  3. Melakukan perawatan teratur sesuai dengan panduan yang disediakan oleh pabrikan peralatan instalasi gas medis. Perawatan tersebut biasanya meliputi pemeriksaan kondisi peralatan, pengecekan komponen, dan pembersihan peralatan.
  4. Memastikan bahwa semua staf yang menangani peralatan instalasi gas medis memahami cara kerja peralatan tersebut dan memiliki kemampuan yang cukup dalam menangani peralatan tersebut.
  5. Menyewa pihak penyedia jasa perawatan peralatan instalasi gas medis, hal ini perlu dilakukan agar perawatan bisa dilakukan dengan cara yang tepat dan aman.

Perawatan yang tidak teratur pada peralatan instalasi gas medis dapat menyebabkan masalah yang serius, seperti kebocoran gas medis yang dapat menimbulkan risiko terjadinya kebakaran atau ledakan.

Selain itu, peralatan instalasi gas medis yang tidak terawat dengan baik dapat mengurangi efektivitas terapi atau pengobatan yang diberikan pada pasien.

Penyedia Jasa Perawatan Instalasi Gas Medis Terbaik

Penting bagi setiap rumah sakit, klinik atau praktik kesehatan lainnya untuk memiliki rencana perawatan peralatan instalasi gas medis yang jelas dan teratur.

Rencana perawatan tersebut harus diikuti dengan seksama sesuai dengan MFK 8 mengenai pedoman pengelolaan peralatan instalasi gas medis rumah sakit, klinik dan pelayanan kesehatan lainnya.

Jika Anda merupakan rumah sakit, klinik atau instalasi kesehatan lainnya yang membutuhkan jasa perawatan peralatan instalasi gas medis.

Kami PT. Giri Sakti Utama (GSU) yaitu perusahaan instalasi gas medis, menawarkan jasa perawatan peralatan instalasi gas medis yang terpercaya karena sudah terdaftar sebagai keanggotaan Asosiasi Gas Medis Indonesia ( AIGMI ).

Selain itu, kami juga menawarkan jasa instalasi gas medis dengan gratis konsultasi penyusunan RAB dan perencanaan gambar desain instalasi gas medis

Kami memiliki tim tenaga ahli yang terlatih dan memiliki sertifikasi  yang sesuai untuk melakukan perawatan peralatan instalasi gas medis.

Kami juga memiliki peralatan yang memadai untuk melakukan perawatan peralatan instalasi gas medis dengan tepat dan sesuai dengan standar yang berlaku.

Kami akan dengan senang hati menjawab pertanyaan atau memberikan penawaran harga untuk jasa perawatan peralatan instalasi gas medis yang Anda butuhkan.

Silahkan menghubungi kami melalui kontak :


WA: 088 1388 1388
Website: https://nodemedic.com

Anda juga bisa membeli produk komponen instalasi gas medis kami melalui toko online berikut:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/officialnodemedic
Shopee: https://shopee.co.id/official_nodemedic

Bagikan Artikel

Scroll to Top