Cek Persyaratan Standar Pipa Instalasi Gas Medis!

Standar Pipa Instalasi Gas Medis

Tabel Pembahasan

Sebelum sebuah rumah sakit didirikan di wilayah tertentu, pihak kontraktor maupun instansi kesehatan (rumah sakit/klinik) harus mengetahui standar instalasi gas medis seperti apa yang wajib ada di rumah sakit tersebut.

Instalasi gas medis merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam sebuah rumah sakit. Gas medis ini dibutuhkan para pasien dalam kondisi darurat untuk kelangsungan hidup mereka.

Selain itu, kebutuhan udara atau oksigen di rumah sakit tentunya sangat diperlukan dalam skala besar, mengingat jumlah pasien akan sangat banyak setiap harinya.

Sistem instalasi gas medis yang disarankan sesuai peraturan Kemenkes adalah melalui sistem pemipaan. 

Lalu seperti apa standar pipa untuk  instalasi gas medis yang harus tersedia di sebuah rumah sakit? berikut ulasannya:

Standar Peralatan Instalasi Gas Medis

Peraturan Menkes tentang instalasi gas medis memuat beberapa standar alat yang harus digunakan dalam instalasi di rumah sakit. 

Adapun beberapa alat instalasi gas medis yang sesuai dengan standar rumah sakit dalam suatu wilayah, seperti berikut ini:

Central Vacuum

Sentral vakum atau hisap udara ini merupakan suatu alat yang wajib ada di sumber sentral. Alat ini mampu menghasilkan udara hisap yang lebih stabil serta murni untuk kebutuhan dunia medis.

Dalam operasional rumah sakit, alat vaccum portable saja sudah mulai jarang digunakan, dan mulai beralih menjadi sentral vakum yang identic dengan instalasi gas medis.

Pemipaan

Standar instalasi gas medis berupa sistem pemipaan yang memenuhi standar adalah menggunakan las perak dan gas oksigen serta acetylene yang dicampurkan.

Ketika proses pengelasan, aliran gas nitrogen harus dialirkan pada pipa tersebut. tujuannya untuk menghilangkan kerak karena sedang pengelasan pipa.

Digital Alarm

Sistem alarm digital ini memiliki fungsi sebagai informasi untuk gas medis yang sudah dikerjakan di wilayah tertentu.

Alam ini diletakan di nurse station untuk memudahkan saat memantau kondisi gas medis yang sedang digunakan.

Box Valve

Kotak Valve ini juga merupakan alat yang berfungsi untuk mengatur aliran gas medis dengan cara menutup dan membuka, serta menghambat aliran gas medis.

Box ini juga digunakan untuk menghindari adanya perambatan kebakaran di ruangan oksigen dalam suatu wilayah operasional rumah sakit.

Sentral Sistem Manual

Terdapat juga sentral sistem manual dalam standar instalasi gas medis, yang merupakan alat yang memberikan pasokan gas ke seluruh tabung gas medis.

Standar Pipa Instalasi Gas Medis

Proses instalasi gas medis yang menjadi bagian dari konstruksi sebuah rumah sakit, tentunya tidak dibuat sembarangan.

Dalam hal ini, penggunaan pipa untuk mengalirkan oksigen ke setiap ruangan, juga harus sesuai standar Menkes. 

Para kontraktor pembangunan rumah sakit seharusnya dapat menemukan jasa  instalasi gas medis yang menggunakan standar pipa tersebut. 

Standar pipa instalasi gas medis yang wajib digunakan itu sebagai  berikut: 

  • Pipa yang digunakan dalam rangkaian instalasi gas medis, harus terbuat dari tembaga yang memiliki kadar 99% besi stainless dan bersertifikat Pabrikasi khusus.
  • Pipa stainless tersebut kemudian dipastikan bersih dari debu, lalu dipasang, dan di flushing menggunakan gas nitrogen
  • Pipa besi stainless ini juga wajib diberikan label, sesuai dengan gas medis yang akan dialirkan
  • Pipa stainless steel ini juga harus bisa memenuhi keamanan yang sesuai dengan struktur dan utilitas dari bangunan rumah sakit terkait
  • Pipa tembaga 99% ini akan dipasang menggunakan gantungan pipa yang juga terbuat dari baja, dan diberi jarak antar gantungannya hingga maksimal 2.5 m
  • Jika pipa tembaga ini harus dipasang di plafon atap, maka wajib dilengkapi dengan dudukan juga gantungan yang dipastikan kuat saat diikat pada beton
  • Ukuran pipa tembaga ini juga harus sesuai dengan desain atau kebutuhan rumah sakit, sehingga tekanan gas di dalamnya tidak mudah berkurang
  • Pipa-pipa tembaga ini kemudian harus disambungkan dengan cara dilas serta diberikan kawat las perak, agar pipa ini bisa lebih rapat dan lebih tahan lama.
  • Beberapa jenis gas yang dibutuhkan dalam proses tersebut adalah campuran gas oksigen, acetylene, dan pengelasan itu juga wajib dialiri oleh gas nitrogen
  • Penyambungan antar pipa wajib menggunakan fitting tembaga yang terdiri dari sock, elbo, tee, reduce, dan dop.
  • Pipa tembaga untuk aliran gas medis ini lalu akan dipotong menggunakan pemotong pipa khusus yang tajam
  • Saat pemasangan instalasi gas medis dengan pipa ke dinding, wajib dilindungi dengan pipa PVC
  • Pastikan seluruh jaringan pipa gas medis dan vakum medisnya sudah dilakukan pengetesan, minimal 1,5 tekanan selama 1 kali 24 jam menggunakan gas nitrogen
  • Pastikan juga semua pipa telah melalui tes kebocoran

Jasa Instalasi Gas Medis Profesional Gratis Perencanaan & Penyusunan RAB

RAB Instalasi Gas Medis

Para kontraktor arsitek rumah sakit yang akan membangun fasilitas kesehatan di suatu wilayah tertentu, tidak perlu bingung untuk menemukan jasa instalasi gas medis yang sesuai standar instalasi gas medis Kemenkes. 

Node medic menyediakan jasa instalasi gas medis yang tentunya akan dikerjakan oleh tenaga profesional di bidangnya, dengan peralatan standar Kemenkes untuk gas medis rumah sakit. 

Node medic juga memberikan layanan instalasi gas medis dengan kelebihan gratis konsultasi penyusunan RAB dan perencanaan gambar desain instalasi gas medis

Informasi lebih lanjut hubungi kami melalui kontak:

WA: 088 1388 1388
Website: https://nodemedic.com

Anda juga bisa membeli produk komponen instalasi gas medis kami melalui toko online berikut:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/officialnodemedic
Shopee: https://shopee.co.id/official_nodemedic

Bagikan Artikel

Scroll to Top